Ragam Khasiat Bawang Putih: Turunkan Kolesterol hingga Cegah Kanker

Bawang putih tak hanya digunakan sebagai bumbu masak, ia juga berpotensi bagus untuk mengobati berbagai masalah kesehatan.

Bukan rahasia lagi jika bawang putih memiliki manfaat yang besar. Dikenal dengan aromanya yang unik bawang putih mampu meningkatkan rasa pada makanan.

Bawang putih juga merupakan salah satu bumbu masak yang sangat populer di seluruh dunia. Hampir semua makanan dari berbagai kebudayaan menggunakan bawang putih sebagai bumbu masakan dalam makanan mereka.

Namun, bawang putih tak hanya digunakan dalam memasak, ia juga berpotensi bagus untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Adalah fakta bahwa bawang putih mengandung lebih dari 12 jenis antioksidan.

Bawang putih merupakan sumber vitamin A, C, B-kompleks, serta mineral seperti kalsium, kalium, tembaga, besi, fosfor, dan mangan. Bawang juga mengandung minyak esensial, asam amino, dan glikosida.

Mungkin kedengarannya sulit dipercaya tetapi bawang putih adalah salah satu dari sedikit makanan super yang tidak kehilangan khasiat obatnya meski melalui proses dimasak.

Dilansir dari Care2.com, berikut sejumlah manfaat sehat yang dikandung oleh bawang putih.

Keuntungan Kesehatan

Bawang putih populer dengan efek antimikroba yang kuat dan kemampuannya untuk melawan bakteri, virus, ragi, jamur, dan parasit usus. Ini bertindak sebagai antibiotik alami dan penguat kekebalan tubuh. Minumlah 2-3 siung sehari untuk merasakan manfaat yang luar biasa ini.

Antikoagulan

Karena sifat pengencer darah alami dan efektif, bawang putih lebih aman daripada mengonsumsi aspirin. Dengan kata lain, bawang putih dapat memberikan hasil yang luar biasa terhadap trombosis (penyumbatan aliran darah oleh gumpalan).

Pencegahan Kanker

Bawang putih memiliki sifat anti kanker yang kuat dan dapat mengurangi risiko kanker, terutama kanker usus dan lambung.

Pilek biasa

Mengonsumsi 1-2 siung bawang putih bisa mencegah masuk angin. Namun, bagi Anda yang sudah terserang flu disarankan untuk mengonsumsi bawang putih untuk melawan virus flu, meredakan hidung mampet, dan mempercepat pemulihan.

Kolesterol

Jus bawang putih dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengurangi oksidasi kolesterol darah dan penumpukan plak di arteri.

Diabetes

Untuk menurunkan kadar gula darah, konsumsilah satu siung bawang putih sehari.

Ensefalitis

Ditunjukkan bahwa bawang putih yang dikonsumsi dalam dosis tinggi dapat menyembuhkan ensefalitis atau radang otak. Khusus untuk penyakit ini, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya!

Infeksi jamur

Untuk mengobati infeksi jamur seperti infeksi kaki atau telinga, Anda harus mengonsumsi jus bawang putih mentah. Untuk meredam gatal, oleskan jus bawang putih ke area yang sakit.

Hipertensi

Bawang putih memiliki kemampuan untuk membersihkan endapan arteri, yang pada gilirannya menormalkan tekanan darah. Pembersihan endapan arteri membantu menormalkan tekanan darah.

Radang dinding lambung

Bawang putih dapat melawan parasit bakteri perut yang menyebabkan radang dinding lambung.

Toksisitas

Bawang putih mengandung senyawa sulfur yang dapat mendetoksifikasi darah dari racun, timbal dan logam berat lainnya.

Masalah gas perut

Untuk meredakan gas di perut, konsumsilah sedikit bawang putih.

Menolak gigitan nyamuk

Dibanding manfaat lainnya, hal ini mungkin paling tidak disadari oleh banyak orang. Menggosok bawang di kulit atau mengonsumsinya ternyata dapat menolak nyamuk karena mereka tak menyukai aroma bawang putih.

Dengan segudang manfaat yang dimiliki, konsumsi bawang putih bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi berbagai penyakit. Satu hal, anda tidak akan mendapatkan napas bau jika menelan bawang putih cincang, bukan mengunyahnya. Selamat mencoba.#